Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Flora Paku (Pteridophyta) Bagi Insan

Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta)| Tumbuhan paku mempunyai banyak manfaat yang berperan dalam kehidupan manusia. Manfaat tumbuhan paku (pteridophyta) dimana kita ketahui bahwa tumbuhan paku yaitu organisme fotoautotrof, yang artinya yaitu sanggup membuat makanan sendiri dengan cara berfotosintesis. Tumbuhan paku hidup di aneka macam daerah menyerupai ditempat lembab (higrofit), di air (hidrofit), permukaan batu, tanah dan melekat (epifit) dikulit pohon.

Tumbuhan paku yang hidupnya di tanah yaitu Adiantum cuneatum (splir) dan Alsophila Glauca (paku tiang). Tumbuhan paku yang hidupnya di tanah yang lembap yaitu Marsilea sp. Tumbuhan paku yang hidup di air yaitu Azolla pinnata dan Salvinia natans. Sedangkan tumbuhan paku yang hidupnya melekat di pohon yaitu Platycerium bifurcatum (paku tanduk rusa) dan Asplenium nidus (paku masukang burung). Tumbuhan paku akan hidup melimbah dan rindang dihabitat yang sesuai yaitu di hutan hujan tropis.  

Tumbuhan paku mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun ada pula yang merugikan. Terlepas dari hal tersebut dimana menyerupai tema diatas yaitu manfaat tumbuhan paku (pteridophyta). Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) yaitu sebagai diberikut..... 

Manfaat Tumbuhan Paku bagi Manusia
  • Sebagai tumbuhan hias, contohnya Adiantum (suplir), Platycerium sp (paku tanduk rusa), Asplenium nidus (paku masukang burung), Nepholepism dan Alsophila glauca (paku tiang). 
  • Bermanfaat sebagai materi obat-obatan seperti Equisetum (paku buntut kuda) yang mempunyai fungsi diuretik. Diuretik yaitu melancarkan pengeluaran urine dan Selaginella (obat luka). 
  • Sebagai bahan-bahan makanan menyerupai sayuran, contohnya Marsilea crenata (semanggi) dan Pteridium aquilinum (paku garuda).  
  • Sebagai pupuk hijau, menyerupai Azolla pinnata bersimbiosis dengan ganggang biru Anabaena azollae yang bisa mengikat gas nitrogen (N2) bebas. 
  • Sebagai materi pembuatan petasan menyerupai pyrotechnics, dengan memakai spora Lycopodium sp. 
  • Sebagai tiang bangunan, menyerupai Alsophila glauca
  • Bermanfaat sebagai penggosok atau ampelas, menyerupai tumbuhan paku Equisetum sp 
  • Sebagai salah satu materi dalam membuat karangan bunga, menyerupai Lycopodium cernum
Baca Juga :

Tumbuhan paku mempunyai banyak manfaat yang berperan dalam kehidupan insan Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia
"Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia "
Demikianlah uraian seputar Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) bagi Manusia. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan sanggup bermanfaa bagi kita tiruana serta kawan-kawan "Jangan Lupa untuk SHARE atau Bagikan melalui Sosmed kawan-kawan yang dipakai atau anda bagikan melalui sosmed yang ada dibawah ini..Agar kawan-kawan sanggup dengan praktis menemukan manfaat tumbuhan paku (pteridophyta), kan baik saling aneka macam :) " . Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".