Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ciri-Ciri Basil

Ciri-Ciri Bakteri| Bakteri juga disebut dengan Eubacteria. Dalam ciri-ciri basil bekerjsama mempunyai perbedaan diantara jenis-jenis basil yang ada, namun kali ini kita akan mengulas Ciri-Ciri Umum Bakteri. Bakteri yaitu organisme prokariota uniseluler yang spesialuntuk sanggup dilihat dengan memakai mikroskop. Bakteri ada di sekitar kita dan dalam badan kita. Bakteri berasal dari istilah kata Bakterion. Bakterion yaitu batang kecil. Dimana pada umumnya basil mempunyai dinding sel namun tidak berklorofil.

Dalam Sejarah inovasi bakteri, basil ditemukan oleh Antony van Leeuwenhoek yang pertama kali pada tahun 1674. Antony van Leeuwehoek yaitu seorang ilmuwan yang berasal dari negera Belanda. Antony van leeuwehoek tidak spesialuntuk penemu basil namun juga penemu mikroskop lensa tunggal. Dalam pemdiberian nama basil yaitu Ehrenberg dengan istilah basil yang diperkenalkan pada tahun 1828.  Ilmu yang mempelajari wacana basil yaitu Bakteriologi. 


Ciri-Ciri Bakteri 

Ciri-Ciri Bakteri - Sesudah mengulas sedikit asal permintaan bakteri, mari kita menuju pembahasan kita yaitu Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum. Ciri-ciri basil yaitu sebagai diberikut.... 
  • Organisme prokariota (tidak mempunyai membran inti sel) dan uniseluler (bersel satu) 
  • Pada umumnya basil berukuran sekitar 0,5 um. dan ada juga yang sanggup berukuran lebih yaitu sekitar 10-100 um. misal basil berukuran besar yaitu Epulopiscium fishelsoni (kurang lebih 0,5 mm), dan Thiomargarita (kurang lebih 0.75 mm),  sedangkan basil yang berukuran kecil yaitu Mycoplasma (kurang lebih 0.12 um). 
  • Pada umumnya tidak berklorofil 
  • Bentuk-bentuk sel bervariasi ibarat basil (batang), kokus (bola), spirilum (spiral), kokobasil (bulat dan batang), dan Vibrio (tanda baca koma)
  • Pada dinding sel basil tersusun atas mukopolisakarida dan peptidoglikan. Peptodoglikan terdiri dari polimer besar yang tersusun atas N-asetil glukosamin dan N-asetil muramat yang saling diberikatan kovalen.
  • Sel basil mempunyai kemampuan dengan sanggup mensekresikan lendir ke permukaan dinding sel dalam membentuk kapsul yang berfungsi sebagai perlindungan.
  • Bakteri hidup dengan bebas atau parasit
  • Membran sitoplasma terdiri atas 8-10% fospolipid dan protein. 
  • Dalam kondisi yang tidak menguntungkan, basil akan membentuk endospora dengan fungsi santunan basil terhadap gerah dan ganguan alam 
  • Bakteri ada yang bergerak dengan flagela dan ada juga yang bergerak dengan berguling (tanpa flagela). 
  • Dalam dinding sel basil tidak mengandung peptidoglikan yang hidup pada lingkungan jelek (ektrim) ibarat air gerah, kawah, gambut. Sedangkan basil yang mengandung peptidoglikan yaitu basil yang hidupnya kosmolipit. 
Baca  Juga : 
ciri basil bekerjsama mempunyai perbedaan diantara jenis Ciri-Ciri Bakteri
"Ciri-Ciri Bakteri"
Demikianlah gosip seputar Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan sanggup bermanfaa. Pesan buat kawan-kawan "Jangan lupa untuk SHARE atau bagikan melalui sosmed yang ada punya kawan-kawan, atau kawan-kawan sanggup juga klik sosmed yang ada dibawah ini... semoga sanggup megampangkan kawan-kawan dalam menemukan ciri-ciri bakteri". Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Sumber : Biologi. Jilid 1 Sekolah Menengan Atas Kelas X, Penulis D.R. Pratiwi, Sri Maryati, Srikini, Suhartono. Erlangga. Hal : 40-41 dan 43-44. 2006 ; Biologi. Jilid 1 Sekolah Menengan Atas Kelas X kelompok peminatan dan matematika ilmu alam. Penulis Irnaningtyas, Erlangga. Hal : 122-125. 2013 ; biologipedia.blogspot.com 2010/10/ciri-ciri-bakteri;gurungeblog.com/bakteri-ciri-ciri-struktur-perkembangbiakan-bentuk-dan keuntungannya ; educorolla2.blogspot.com/ciri-ciri-bakteri