Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Pers Dan Fungsi Pers

Pengertian Pers dan Fungsi Pers| Seperti tema di atas, kali ini wacana pers dengan bahan seputar pengertian Pers dan fungsi/peranan pers. Ada banyak pertanyaan terkena pers, menyerupai apa itu pers ?., apa fungsi pers dalam masyarakat ?. apa fungsi pers adanya pers di indonesia?..apa Manfaat pers dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat dan indonesia ?.  apa peranan pers dalam masyaarakat dan di indonesia. Pertanyaan kawan-kawan kami akan sajikan jawabanannya dengan pembahasan lengkap baik itu pengertian pers dan fungsi/peranan pers. Pertama-tama mari kita mulai dengan Pengertian Pers.

Pengertian Pers Secara Umum ialah media massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik dalam bentuk tulisan, suara, dan gambar serta data dan grafik dengan memakai media elektronik dan media cetak dan dll. Pers dalam etimologi, kata pers (Belanda), presse (prancis), Press (inggris), sedangkan kata pers dalam bahas latin ialah pressare dari kata premere artinya "tekan" atau "cetak". definisi pers secara terminologisnya ialah media massa cetak atau media cetak. Istilah pers dikenal sebagai salah satu jenis media massa atau media komunikasi massa yang sudah usang dikenal oleh masyarakat dan tidak spesialuntuk itu istilah pers juga lazim dikaitkan dengan surat kabar (newspaper) atau majalah (magazine).

Pengertian Pers Menurut Para Ahli - Pengertian pers berdasarkan Weiner, mengatakan bahwa pengertian pers adalah wartawan cetak atau media cetak publistas atau peliputan diberita, dan media mesin cetak. Pengertian Pers berdasarkan Oemar Seno Adji pakar komunikasi membagi pengertian pers dalam arti sempit dan pengertian pers dalam arti luas, pengertian pers dalam arti sempit adalah penyiaran-penyiaran pikiran, gagasan, atau diberita-diberita dengan kata bertulis, sedangkan pengertian pers dalam arti luas adalah memasukkan didalamnya sebuah media mass communications yang memancarkan pikiran dan perasaan orang baik dengan kata yang tertulis maupun dengan lisan.

Pengertian Pers Menurut Para Ahli - Pengertian pers berdasarkan Gamle & Gamle ialah bab komunikasi antara insan (human communication), yang berarti, media ialah kanal atau masukana dalam memperluas dan memperjauh jangkauan proses penyampaian pesan antar manusia. Pengertian pers berdasarkan UUD No. 40 Tahun 1999 yang berbunyi bahwa pengertian pers ialah forum sosial atau wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi, mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan memberikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, bunyi dan gambar serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan memakai media cetak atau media elektronik, dan segala jenis kanal yang tersedia.

Pers mempunyai fungsi/peranan di indonesia dan dimasyarakat. Fungsi Pers ialah sebagai diberikut 
1. Fungsi Pers Secara Umum
  • Memdiberikan informasi
  • Memdiberikan kontrol
  • Menghubungkan atau menjembatangi suara-suara rakyat
  • Memdiberikan hiburan
  • Menambah wawasan
2. Fungsi pers di Indonesia
  • Media/saluran gugusan kepada masyarkat
  • Media/saluran bagi opini publik dan debat publik
  • Media/saluran Investigasi terhadap masalah-masalah publik
  • Media/saluran pembelajaran
  • Media/saluran kebijakan publik kepada masyarakat dan acara pemerintah 
  • Memajukan kesejahteraan bangsa
3. Fungsi Pers sebagai Media informasi
Fungsi pers dalam media informasi ialah pers mempersembahkan dan menyebarluaskan hal-hal yang perlu kita ketahui yaitu informasi

4. Fungsi Pers sebagai Media Pendidikan,
Fungsi pers dalam media pendidikan ialah pers dalam melaksanakan menyebarluaskan informasi yang mendidik dengan tulisan-tulisan atau pemdiberitaan yang mengandung pengetahuan

5. Fungsi Pers sebagai Media Intertaiment, 
Fungsi pers dalam media intertaiment ialah pers sebagai wahana hiburan dengan menampilkan banyak sekali macam seputar acara dari artis, selebritis, dan tampilan-tampilan yang menarikdanunik

6. Fungsi Pers sebagai Media kontrol sosial, 
Fungsi pers sebagai media kontrol sosial ialah memaparkan insiden yang buruk, keadaan-keadaan yang melanggar hukum, supaya insiden ini tidak terulang lagi dan membuat kesadaran masyarakat.

7. Fungsi Pers sebagai Lembaga Ekonomi
Fungsi pers sebagai forum ekonomi ialah pers ialah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan yang menyajikan diberita dengan bernilai jual tinggi dan melaksanakan periklanan yang menambah laba pers.

 kali ini wacana pers dengan bahan seputar pengertian Pers dan fungsi Pengertian Pers dan Fungsi Pers
"Pengertian Pers dan Fungsi Pers"
Demikianlah pembahasan Pengertian Pers dan Fungsi Pers, agar kawan-kawan mendapatkan point-point menyerupai pengertian pers secara umum, pengertian pers berdasarkan para jago dan fungsi pers atau peranan pers dan tentu saja bermanfaa bagi kawan-kawan.