Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Hidrologi Dan Siklus Hidrologi

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi - Hai.. Kali seputar pengertian hidrologi dan pengertian siklus hidrologi dan penjelasannya. Pengertian Hidrologi Secara Umum yakni Cabang ilmu geografi yang mempelajari seputar pergerakan, distribusi, dan kualitas air yang ada dibumi serta siklus hidrologi dan sumber daya air. Sedangkan Pengertian Siklus Hidrologi Secara Umum yakni sirkulasi air dari maritim ke atmosfer kemudian ke bumi dan kembali lagi ke maritim dan seterusnya. Hidrologi berasal dari kata "Hidrologia" artinya "ilmu air" Lihat pembahasan dari hidrologi dan siklus hidrologi dibawah ini.

A. Pembahasan Hidrologi - Pengertian hidrologi yakni Cabang ilmu geografi yang mempelajari seputar pergerakan, distribusi, dan kualitas air yang ada dibumi. Ilmu hidrologi dikenal semenjak zaman 1608 M. Hidrologi ialah ilmu yang mengkaji kehadiran dan pergerakan air dibumi. Dalam kajian hidrologi meliputih potamalog (aliran permukaan), geohidroligi (air tanah), hidrometeorologi (air yang ada di udara dan berwujud gas), limnologi (air permukaan yang relatif hening menyerupai danau, dan waduk), kriologi (air berwujud padat menyerupai es dan salju). Orang yang mempelajari hidrologi disebut dengan hidrologist.

Pengertian Hidrologi Menurut Definisi Para Ahli - Pengertian hidrologi berdasarkan definisi Singh (1992), mengatakan bahwa pengertian hidrologi yakni ilmu yang mengulas karakteristik berdasarkan waktu dan ruang wacana kuantitas dan kualitas air dibumi termasuk proses hidrologi, pergerakan, penyebaran, sirkulasi tampungan, eksplorasi, pengembangan dan manajemen. Menurut definisi Marta dan Adidarma (1983) dalam pengertian hidrologi yang menyampaikan bahwa hidrologi yakni ilmu yang mempelajari wacana terjadinya pergerakan dan distribusi air di bumi baik diatas maupun di bahwa permukaan bumi, wacana sifat kimia dan fisika air dengan reaksi terhadap lingkungan dan hubungannya dengan kehidupan. Sedangkan berdasarkan Ray K. Linsley dalam Yandi Hermawan (1986) pengertian hidrologi yakni ilmu yang membicarakan wacana air yang ada dibumi yaitu terkena kejadian, perputaran dan pertolongannya, sifat fisika dan kimia serta reaksinya terhadap lingkungan termasuk kekerabatan dengan kehidupan.

B. Pembahasan Siklus Hidrologi - Siklus hidrologi yakni sirkulasi air tanpa henti dari atmosfer ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer melalui proses kondensasi, presipitasi, evaporasi, dan transpirasi. Siklus hidrologi sanggup juga berarti lebih sederhana yaitu peredaran air dari maritim ke atmosfer melalui penguapan, kemudian akan jatuh pada permukaan bumi dalam bentuk hujan, yang mengalir didalam tanah dan diatas permukaan tanah sebagai sungai yang menuju ke laut. Panasnya air maritim didukung oleh sinar matahari karna matahari ialah kunci sukses dari siklus hidrologi sehingga bisa berjalan secara terus menerus kemudian dalam terjadinya air berevoporasi, kemudian akan jatuh ke bumi sebagai prespitasi dengan bentuk salju, gerimis atau atau kabut, hujan, hujan es dan salju, dan hujan batu.

Sesudah prespitasi, pada perjalanannya kebumi akan berevoporasi kembali keatas atau pribadi jatuh yang diinterepsi oleh flora disaat sebelum mencapai tanah. Apabila sudah mencapai tanah, siklus hidrologi akan terus bergerak secara terus menerus dengan 3 cara yang tidak sama yaitu sebagai diberikut...
  • Evaporasi (Transpirasi) - Air di laut, sungai, daratan, tanaman. sbb. kemudian akan kembali menguap ke atmosfer menjadi awan kemudian menjadi bintik-bintik air yang akan jatuh dalam bentuk es, hujan, salju. 
  • Infiltrasi (Perkolasi ke dalam Tanah) - Air bergerak melalui celah-celah dan pori-pori serta batuan yang ada dibawah tanah yang sanggup bergerak secara vertikal dan horzontal dibawah permukaan tanah sampai ke sistem air permukaan. 
  • Air Permukaan - Air yang bergerak diatas permukaan tanah yang sanggup kita lihat pada tempat urban. 
Macam-Macam Siklus Hidrologi - Proses terjadinya siklus hidrologi dibedakan menjadi 3 jenis atau macam siklus hidrologi menyerupai yang ada dibawah ini..
  • Siklus Pendek : Menguapnya air maritim menjadi uap gas karna gerah dari matahari kemudian terjadi kondensasi membentuk awan yang pada balasannya jatuh ke permukaan laut. 
  • Siklus Sedang : Menguapnya air maritim menjadi uap gas karna gerah dari matahari kemudian terjadi evaporasi yang terbawa angin kemudian membentuk awan yang pada balasannya jatuh ke permukaan daratan dan kembali ke lautan. 
  • Siklus Panjang : Menguapnya air maritim menjadi uap gas karna gerah dari matahari kemudian uap air mengalami sublimasi membentuk awan yang mengandung kristal es dan pada balasannya jatuh dalam bentuk salju kemudian akan membentuk gletser yang mencair membentuk anutan sungai dan kembali kelaut. 

Baca Juga:

Pengertian Geografi, Konsep, Pendekatan, Aspek, Objek, & Prinsip
Pengertian Biosfer: Apa it Biosfer ?..
Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Manfaat AMDAL
Pengertian Litosfer: Apa itu Litosfer ?..
Pengertian Hidrosfer: Apa itu Hidrosfer ?..
Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi  Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi
"Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi"
Demikianlah materi Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi, supaya kawan-kawan mendapatkan dan sanggup bermanfaa berdasarkan point-point menyerupai diatas yaitu pengertian hidrologi, pengertian hidrologi berdasarkan para ahli, pengertian siklus hidrologi, macam-macam siklus hidrologi. Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".