Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Gizi Dan Zat Gizi

Pengertian Gizi dan Zat Gizi| Hai kawan-kawan kali ini mengulas seputar Gizi seputar pengertian gizi, macam-macam zat gizi, fungsi dan manfaat gizi. Pembahasan pertama seputar Pengertian Gizi berdasarkan beberapa definisi hebat terkena pengertian gizi dimana kami menyimpulkan bahwa Pengertian Gizi Secara Umum adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan dan memperbaiki jaenteng tubuh. Pengertian Gizi yakni dimana gizi berasal dari bahasa mesir yang berarti "Makanan".

Gizi yakni terjemahan dari kata "Nutrition" yang disebut sebagai nutrisi. Gizi juga sanggup artikan sebagai sesuatu yang mempengaruhi adanya proses perubahan pada setiap masakan yang masuk dalam tubuh yang sanggup mempertahankan tubuh tetap sehat. Para hebat yang mempelajari wacana Gizi disebut sebagai Ilmu Gizi. Pengertian Ilmu Gizi yakni ilmu yang zat-zat gizi yang ada pada masakan dan penggunanya dalam tubuh yang mencakup masukan, pencernaan, penyerapan, pengangkutan (transpor), metabolisme, interaksi, dan penyimpanan serta pengeluaran, tiruana hal ini ialah proses zat gizi pada tubuh.

Pengertian Zat Gizi atau Nutrisi adalah zat pada masakan yang dibutuhkan oleh organisme untuk pertumbuhan dan perkembangan yang dimanfaatkan secara eksklusif oleh tubuh yang mencakup protein, vitamin, mineral, lemak dan air. Zat gizi diperoleh dari masakan yang didapatkan dalam bentuk sari masakan dari hasil pemecahan pada sistem pencernaan. Zat gizi dibagi menjadi dua yaitu zat gizi organik dan zat gizi anorganik. Zat -zat gizi organik menyerupai lemak, vitamin, karbohidrat, dan protein. Sedangkan zat gizi anorganik yakni terdiri dari air dan mineral. dan tidak itu saja Zat Gizi dikelompokkan atas beberapa macam menyerupai macam-macam zat gizi berdasarkan sumbernya, macam-macam zat gizi berdasarkan jumlahnya, dan berdasarkan fungsinya.

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Sumbernya
  • Nabati : nabati yakni sumber zat gizi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan 
  • Hewani : hewani yakni zat gizi yang berasal dari hewan 
Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Jumlahnya 
  • Zat Gizi Makro atau Makronutrisi : Pengertian makronutrisi yakni zat gizi atau nutrisi yang diharapkan tubuh dalam jumlah yang besar dengan satuan gram. Yang termasuk zat gizi makro atau makronutrisi yakni protein, karbohidrat, dan lemak. 
  • Zat Gizi Mikro atau Mikronutrisi : Pengertian mikronutrisi yakni zat gizi atau nutrisi yang diharapkan tubuh dalam jumlah yang sedikit atau kecil. yang termasuk zat gizi mikro yakni air, vitamin dan mineral. 
Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Fungsinya 
  • Sumber Energi Bagi Tubuh : maksud dari sumber energi bagi tubuh atau tenaga bagi tubuh digolongkan pada jenis gizi menyerupai lemak, protein dan karbohidrat. 
  • Pembangun dan Penjaga Tubuh : maksud dari pembangun dan penjaga tubuh digolongkan pada jenis gizi menyerupai mineral, protein, vitamin dan lemak. 
  • Pengatur Kerja dalam Tubuh : maksud dari pengatur kerja dalam tubuh ialah untuk mengatur proses metabolisme yang ada dalam tubuh yang digolongkan pada jenis gizi menyerupai air, lemak, protein dan mineral 
Fungsi Zat Gizi- Zat Gizi atau nutrisi mempunyai fungsi bagi tubuh kita. Fungsi zat gizi yakni sebagai diberikut. 
  • Sebagai sumber energi 
  • Memperbaiki sel-sel rusak 
  • Sebagai sumber pertumbuhan dan perkembangan 
  • Mempertahankan fungsi pada organ tubuh 
  • Menjaga keseimbangan pada metabolisme 
  • Pengatur dan pendukung dari proses metabolisme
  • Membentuk sel-sel pada jaenteng tubuh
Pengertian Gizi Menurut Pendapat Para Ahli - Pengertian gizi berdasarkan Tuti Sunardi, yang menyampaikan bahwa pengertian gizi yakni sesuatu yang mempengaruhi proses perubahan tiruana jenis masakan yang masuk ke dalam tubuh yang sanggup mempertahankan kehidupan. Pengertian gizi berdasarkan Lioni Ellis H, yang menyampaikan bahwa pengertian gizi yakni komponen penting yang diharapkan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Pengertian gizi berdasarkan Harry Oxorn & William R. Forte yang mengemukakan wacana pengertian gizi yang berarti gizi mempunyai pengertian yang luas bukan spesialuntuk jenis-jenis pangan dan gunanya bagi tubuh melainkan juga mengenal cara-cara memperoleh serta mengolah dan mempertimbangkan semoga kita tetap sehat. Pengertian gizi berdasarkan Chairinniza K. Graha adalah unsur yang terkandung dalam masakan dimana unsur-unsur sanggup mempersembahkan manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya sehingga menjadi sehat.
kawan kali ini mengulas seputar Gizi seputar pengertian gizi Pengertian Gizi dan Zat Gizi
"Pengertian Gizi dan Zat Gizi"
Demikianlah pembahasan Pengertian Gizi dan Zat Gizi, semoga kawan-kawan mendapatkan artikel Pengertian Gizi dan Zat Gizi dengan point-point seputar pengertian gizi secara umum, pengertian zat gizi, macam-macam zat gizi dan pengertian gizi berdasarkan para ahli, dan semoga artikel ini juga bermanfaa bagi kawan-kawan. Amin dan "Salam Berbagi Teman-Teman".