Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hambatan Dalam Perdagangan Internasional

Hambatan Dalam Perdagangan Internasional| Terdapat banyak sekali kendala dalam berlangsung dan terjadinya perdagangan internasional. Jika dilihat dari manfaat perdagangan internasional itu tak luput dari hambatan-hambatan sehingga banyak perdagangan internasional tak terjadi karna hal tersebut. Banyak yang membuat perdagangan internasional semakin digarungi oleh negara-negara terlihat dari dampak positif perdagangan internasional itu sendiri yang kalau dibandingkan dengan dampak negatif dari perdagangan internasional itu sendiri, perbedaannya terlihat bahwa pengaruh positif lebih menguntungkan ketimbang dengan pengaruh negatif, yang tak terlalu merugikan. Perdagangan Internasional mempunyai banyak manfaat, namun dalam pelaksanaannya tidak lepas dari hambatan. Adapun kendala dalam perdagangan internasional antara lain : 

Hambatan Dalam Perdagangan Internasional
a. Kebijakan Proteksionisme
Kebijakan proteksionisme ialah suatu kebijakan yang diarahkan untuk melindungi produsen yang berada didalam negeri itu sendiri. Kebijakan ini bersama-sama sah-sah saja kalau bertujuan untuk melindungi industri dalam negeri yang masih gres (infant industry) dan memang butuh perlindungan. Kebijakan kurang tetap kalau spesialuntuk sekedar melindungi produsen dalam negeri yang cenderung kurang efisien dan kalah bersaing dengan produk-produk impor yang biasanya harganya lebih rendah dengan mutu yang lebih baik.

b. Prosedur Perdagangan Internasional yang Rumi dan Berbelit-Belit
Perdagangan internasional harus melalui prosedur/proses yang rumit dan berbelit-belit mulai dari proses perizinannya, pemeriksaan, pengepakan, pengiriman, dan terakhir hingga penerimaan oleh negara yang pengimpor. Rumitnya mekanisme tersebut mengakibatkan tidak tiruana pengusaha/pedagang bisa menjadi pelaku dalam perdagangan internasional. 

c. Produk yang Tidak Memenuhi Standar Mutu Internasional
Produk yang sanggup masuk di pamasukan internasional biasanya dituntut untuk sanggup memenuhi standar kualitas. Kenyataannya masih banyak produk yang dihasilkan suatu negara belum bisa memenuhi standar kualitas, dikarenakan kurangnya peralatan, teknologi, maupun juga tenaga ahli. Beberapa standar mutu yang ditentukan dalam perdagangan internasional yaitu dengan mempersembahkan akta tertentu pada produk-produk yang sudah memenuhi persyaratan untuk dijual di pasar Internasional menyerupai International Standard Organization (ISO), misal ada akta ISO 9001, ISO 9002, ISO 14000 dan masih banyak lagi. Adanya persyaratan standar yang ketat mengakibatkan banyak negara yang produknya belum bisa masuk dalam perdagangan Internasional. 

d. Adanya Persaingan Ketat Antarnegara
Adanya persamaan produk yang dihasilkan oleh beberapa negara mengakibatkan antara negara satu dengan yang lain ketat untuk masuk ke pamasukan internasional. Bagi negara yang sudah bisa menghasilkan produk yang lebih berkarakter dengan harga yang lebih murah tentu hal ini bukanlah menjadi permasalahan. Akan ettapi bagi negara yang tidak mempunyai kemampuan dan keahlian itu, yang akan mengakibatkan produknya tidak bisa menembus pasar internasional. 

e. Ketegangan di Bidang Politik dan Militer
Perdagangan internasional akan terganggu bila di antara keduan egara yang mengadakan korelasi dagang tersebut timbul problem di bidang politik dan militer, contohnya perang, invasi ke negara lain, sengketa perbatasan, ikut campur tangan urusan dalam negeri dan lainnya. 
Hambatan Dalam Perdagangan Internasional Hambatan Dalam Perdagangan Internasional
Sekian artikel perihal Hambatan Dalam Perdagangan Internasional biar bermanfaa..