Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sejarah Pithecanthropus Dan Ciri-Ciri Pithecantropus

Sejarah Pithecanthropus dan Ciri-Ciri Pithecantropus | Pithencathropus adalah insan purba yang sudah menjadi sejarah. Dalam ciri-ciri pithencanthropus dan jenis-jenis pithecanthropus adalah point-point yang membuat kita sanggup membuktikan dan mengupas habis jenis insan purba yakni Pithecanthropus.  Pada tahun 1936, Tjokrohandoyo yang bekerja di bawah pimpinan jago purbakala Duyfjes menemukan fosil tengkorak bawah umur di Kepuhklagen sebelah utara Perning (Mojokerto). Fosil tersebut ditemukan pada lapisan Pucangan (Pleistosen Bawah) dan dinamakan Pithecanthropus Mojokertensis. Manusia purba ini tergolong jenis Pithecanthropus yang paling tua. Pithecanthropus adalah jenis fosil insan purba yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Fosil-fosilnya banyak ditemukan pada lapisan Pleistosen Bawah dan Pleistosen Tengah. Pithecanthropus hidup secara berkelompok dan untuk mendapatkan makanan, mereka mencarinya dengan cara berburu dan menangkap ikan serta mengumpulkan kuliner (Hunting anda Food Gathering).

Untuk mendapatkan makanan, Pithecantropus memakai alat-alat dari watu ataupun kayu yang dipungutnya. Meskipun sudah memakai alat-alat dari watu dan kayu serta memakan apa saja yang tedapat di alam (tumbuhan dan hewan), tetapi tidak ditemukan adanya gejala bahwa kuliner Pithecanthropus tersebut sudah diolah dan dimasak terlebih lampau sebelum dimakan. Beberapa pola alat-alat dari watu yang pernah dipegunakan oleh Pithecanthropus, contohnya aneka macam macam kapak dari watu ibarat kapak genggam, kapak perimbas, kapak penetak, pahat, genggam, serta alat-alat perih. Alat-alat tersebut banyak ditemukan di kawasan Pacitan. Jenis-Jenis Pithecanthropus memiliki ciri-ciri sebagai diberikut

 Pithencathropus adalah insan purba yang sudah menjadi sejarah Sejarah Pithecanthropus dan Ciri-Ciri Pithecantropus

Ciri-Ciri Pithecanthropus 
  • Badan tegap, tetapi tidak ibarat Meganthropus
  • Bertinggi tubuh 165-180 cm.
  • Tulang rahang dan gerahan berpengaruh serta bab kening menonjol. 
  • Wajah tidak memiliki dagu. 
  • Volume otak belum tepat ibarat jenis homo, yaitu spesialuntuk 750-1.300 cc. 
  • Tulang atap tengkorak tebal dan berbentuk lonjong. 
  • Alat-alat pengunyah dan otot tengkuk sudah mengecil 
  • Hidup diperkirakan 1-25 juta tahun lalu. 
  • iMakanannya masih garang dengan sedikit pengolahan. 

 Pithencathropus adalah insan purba yang sudah menjadi sejarah Sejarah Pithecanthropus dan Ciri-Ciri Pithecantropus
(Tengkorak Pithecanthropus)

Artikel Terkait: 


Demikianlah warta terkena Sejarah Pithecanthropus dan Ciri-Ciri Pithecantropus. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu sejarah pithecantropus dan ciri-ciri pithecantropus. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.