Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Penyerbukan Dan Macam-Macam Penyerbukan

Dalam Pengertian penyerbukan dan macam-macam penyerbukan, baik itu pada flora khususnya pada bunga yang berdampak dan berfungsi dalam proses perkembangbiakan. Pengertian Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik. Penyerbukan disebut juga persarian. Kepala putik ada yang berbulus halus, ada pula yang berlendir. Fungsi dari penyerbukan sangat mempersembahkan manfaat dalam bentuk kegampangan. Fungsi penyerbukannya adalah megampangkan sebuk sari menempel pada kepala putik. Dalam macam-macam atau jenis-jenis penyerbukan dibedakan menjadi dua bab atau kelompok yakni macam-macam atau jenis-jenis penyerbukan menurut perantara, dan menurut asal serbuk sari yang sanggup dilihat dibawah ini

Macam-Macam Penyerbukan
1. Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya
Macam-macam Penyerbukan menurut perantaranya terbagi atas 4 penyerbukan antaralain sebagai diberikut..

a. Penyerbukan Oleh Angin
Bunga yang diserbukkan oleh angin memiliki ciri-ciri sebagai diberikut. Bunga tidak berwarna dan tidak memiliki kelenjar madu. Serbuk sari jumlahnya banyak dan serbuk sari ini memili berat yang enteng sehingga simpel diterbangkan angin. Kelapa sari besar dan tangkai sari panjang serta bergoyang jikalau ditiup angin. Putiknya terentang keluat, panjang, dan berubulu. contohnya yaitu bunga, kelapa, rumput dan jagung. 
b. Penyerbukan Oleh Hewan 
Hewan yang umum berfungsi sebagai mediator penyerbukan yaitu serangga, contohnya kupu-kupu dan lebah. Selain serangga, binatang lain yang sanggup berperan sebagai mediator penyerbukan antara lain siput, burung dan kelelawar. Ciri-ciri bunga diserbukkan oleh binatang yaitu berwarna-warna sebaga daya tarik, berbau harum, dan memiliki kelenjar madu, Serbuk sarinya berlender sehingga sanggup menempel di badan hewan, Putik tersebunyi dan berlendir. Prosesnya terjadinya Kupu-kupu, lebah, dan kumbang akan hadir dan menghisap madu, dan serbuk sari akan menempel di tubuhnya setelah itu, dikala serangga tersebut hinggap di bunga lain yang sejenis, penyerbukan pun terjadi. 
c. Penyerbukan Oleh Air
Penyerbukan ini terjadi pada flora yang bunganya terendam air, contohnya Hydrilla. 
d. Penyerbukan Oleh Manusia
Penyerbukan sanggup dilakukan dengan pinjaman manusia, contohnya pada salak dan vanili. Bunga salak dan vanili berkelabuin tunggal sehingga ada bunga jantan ada bunga betina. Proses terjadinya, bunga jantan yang penuh serbuk sari dipetik, lalu di tempelkan pada bunga betina yang sudah masak. 

2. Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari
Macam-macam penyerbukan menurut asal serbuk sari dibedakan menjadi 3 penyerbukan, antaralain sebagai diberikut...

a. Penyerbukan Sendiri (Autogami)
Penyerbukan sendiri yaitu menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi. contohnya pada bunga telang dan bunga turi. 
b. Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)
Penyerbukan tetangga yaitu menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada pada satu tumbuhan. contohnya pada bunga jagung. 
c. Penyerbukan Silang (Alogami)
Penyerbukan silang yaitu menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik yang lain berada pada flora lain yang sejenis. Penyerbukan silang sering disebut persilangan. Persilangan sanggup menjadikan variasi keturunan alasannya terjadi perpaduan sifatdari dua flora induknya. Misalnya persilangan antara bunga merah dengan bunga putih sanggup menghasilkan bunga merah, merah muda, dan putih. 

baik itu pada flora khususnya pada bunga yang berdampak dan berfungsi dalam proses perk Pengertian Penyerbukan dan Macam-Macam Penyerbukan
Penyerbukan oleh Kupu-kupu
Sekian pembahasan ihwal Pengertian Penyerbukan dan Macam-Macam Penyerbukan, dan lihat juga artikel-artikel bermanfaa di .com. agar artikel perihal Pengertian Penyerbukan dan Macam-Macam Penyerbukan bermanfaa bagi kita tiruana. Amin