Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian, Jenis Dan Ciri-Ciri Tulang Rawan

Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Rawan|Dalam pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis tulang rawan yang kali ini kita akan bahas. Tulang rawan ialah tunjangan tulang berdasarkan jaenteng penyusunnya. Pengertian Tulang  Rawan berdasarkan definisi para andal atau pakar menyampaikan bahwa pengertian tulang rawan ialah jaenteng ikat dimana tulang yang bersifat liat dan lentur alasannya zat-zat antarsel tulang banyak mengandung zat perekat dan mengandung zat kapur.  

Zat kapur pekerat tulang adalah homogen protein yang dikatakan sebagai kolagen. Tulang rawan, sesudah cukup umur tulang rawan diganti menjadi tulang keras. tapi tidak tiruana tulang rawan akan terganti menjadi tulang keras, tulang rawan pada orang cukup umur terdapat pada telinga, hidung, dan di ujung-ujung tulang keras, daerah sambungan antartulang (sendi). 

1. Struktur Tulang Rawan
jenis tulang rawan yang kali ini kita akan bahas Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang RawanTulang rawan (kartilago) ialah jaenteng ikat yang menyusun sistem gerak jaenteng tulang rawan tersusun atasl se-sel tulang rawan. Sel-sel tulang rawan, mengeluarkan matriks yang disebut kondrin. Matriks menjadikan tulang rawan bersifat lentur, lincin dan kuat. Kelenturan tulang rawan pada tulang-tulang rusuk penyusun rongga dada menjadikan tulang rusuk bergerak bebas mengikuti pemekaran paru-paru saat bernapas. Tulang-tulang rawan di antara ruas-ruas tulang belakang sangat berpengaruh dan tahan tekanan sehingga praktis kembali ke bentuk tiruanla. 

2. Jenis-jenis Tulang Rawan
Tulang rawan terbagi atas tiga jenis yakni tulang rawan hialin, tulang rawan elastis, tulang rawan fibrokartilago, lihat penjelasannya ibarat dibawah ini.

a. Tulang Rawan Hialin adalah bentuk umum dalam badan manusia. tulang rawan pada masa embrio dan pada masa dewasa. Tulang rawan pada masa embrio ialah sebagai bentuk kerangka bagi kebanyakan tulang dibuat melalui osifikasi endokondral, Tulang rawan pada masa dewasa, kebanyakan tulang rawan sudah diganti menjadi tulang keras kecuali pada permukaan sendi, ujung iga, hidung, larings, dan trachea, serta brongkus. 
b. Tulang Rawan Elastis adalah tulang rawan yang sifatnya lentur dimana matriksnya terdapat serat lentur yang bercabang-cabang. Tulang rawan elatis terdapat pada pendengaran bab luar (auricular), epiglotis, larings, dinding tuba auditiva (eustachii). 
c. Tulang Rawan Fibrokartilago adalah tulang yang banyak mengandung serat kolagen yang padat pada matriksnya yang tidak teratur sehingga lebih kaku dan kuat. Tulang rawan fibrokartilago terdapat pada antarruas tulang belakang. 

jenis tulang rawan yang kali ini kita akan bahas Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Rawan

3. Ciri-Ciri Tulang Rawan
Ciri-ciri tulang rawan terbagi atas 3 ciri antara lain sebagai diberikut..
a. Berbentuk khusus jaenteng ikat dengan fungsi utama menyokong jaenteng lunak.
b. Terdiri atas sel-sel (kondrosit dan kondroblas) dan matriks (serat dan substansi dasar).
c. Matriksnya mengandung serat kolagen atau serat elastin yang memdiberi kekuatan dan kelenturan.
d. Tulang rawan mempunyai kekuatan renggang, penyokong struktural, dan memungkinkan fleksibilitas tanpa distorsi.

Demikianlah gosip terkena Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Rawan. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian tulang rawan, jenis-jenis tulang rawan, ciri-ciri tulang rawan. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.