Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Dan Macam-Macam Jaringan Meristem

Pengertian dan Macam-Macam Jaenteng Meristem| Titik tumbuh pada tumbuhan ditentukan oleh jaenteng meristem, tapi tahukah anda pengertian jaenteng meristem ?.. Pengertian meristem berdasarkan definisi para andal biologi menyampaikan bahwa pengertian jaenteng meristem yaitu jaenteng yang sel-selnya bersifat embrional yang bisa terus menerus membelah diri menambah jumlah sel tubuh. Meristem spesialuntuk terdapat pada serpihan tertentu dari badan tumbuhan. Macam-macam atau jenis-jenis meristem dibedakan menjadi dua macam atau jenis yakni macam-macam jaenteng meristem berdasarkan letak dan posisinya dan macam-macam jaenteng meristem berdasarkan asalnya. untuk mengetahui kedua macam atau jenis jaenteng meristem tersebut sanggup dilihat dibawah ini.. 

A. Macam-Macam Jaenteng Meristem Berdasarkan Asalnya
Macam-macam jaenteng meristem bedasarkan asalnya terbagi atas 3 serpihan yakni Promeristem, Meristem Primer dan Meristem Sekunder, klarifikasi dari ketiga serpihan tersebut dalam dillihat dibawah ini..

1. Promeristem
Promeristem yaitu jaenteng yang sudah ada pada ketika flora masih dalam keadaan fase embrio atau masih dalam tingkat embrio. 

2. Meristem Primer
Meristem Primer yaitu jaenteng yang ditemukan pada flora cukup umur yang sel-selnya masih membelah yang terdapat pada serpihan ujung akar dan serpihan ujung batang, sehingga menimbulkan flora tumbuh dengan tinggi.

3. Meristem Sekunder 
Meristem Sekunder yaitu jaenteng ini ialah jaenteng yang berasal dari meristem primer yang ialah hasil perkembangan dari meristem primer, contonya kambium. 

B. Macam-Macam Jaenteng Meristem Berdasarkan Letaknya
Macam-macam jaenteng meristem berdasarkan letak dan posisinya terbagi atas 3 yakni meristem epikal, meristem interkalar, meristem lateral, untuk melihat klarifikasi dari ketiga serpihan sanggup dilihat ibarat dibawah ini.

1. Meristem Apikal
Meristem apikal disebut juga meristem ujung alasannya yaitu terdapat di ujung akar dan ujung batang. jadi meristem apikal adalah meristem yang terdapat pada ujung akar dan ujung batang. Meristem ujung yang terdapat pada ujung akar memungkinkan membuat jalinan di dalam tanah sehingga memperoleh air yang diperlukan oleh tumbuhan. Adapun pada ujung batang dihasilkan sel-sel gres yang akan membentuk daun. 

Meristem apikal terdapat pada flora paku-pakuan, biji terbuka, maupun flora biji tertutup. Dalam keadaan khusus, meristem apikal pada flora berbunga sanggup membentuk kuncup bunga yang akan berubah menjadi bunga sebagai alat perkembangbiakan secara generatif. 

Jaenteng meristem diujung batang menghasilkan sel-sel gres dan menumbuhkan primordial daun yang kelak tumbuh menjadi daun. Titik pada batang sebagai kawasan berkembangnya daun dinamakan bongkol. Jarak antar bongkol di ujung batang tumbuhan sangat berdekatan, sedangkan daun-daun berkembang dengan cepat. Hal itu menimbulkan daun-daun tumbuh diatas meristem ujung pembentuknya. Jaenteng meristem yang terakhir membentuk kuncup lateral, berkembang pada bongkol-bongkol. Kuncup lateral akan tumbuh dan berkembang membentuk cabang-cabang baru. Jaenteng meristem ujung akar menghasilkan sel-sel gres dan terus memperpanjang akar. 

2. Meristem Interkalar
Meristem Interkalar disebut juga meristem antara alasannya yaitu terdapat di antara jaenteng-jaenteng dewasa, jadi, meristem interkalar adalah meristem yang terdapat diantara meristem primer dan jaenteng dewasa. Meristem semacam ini dijumpai pada flora yang batangnya beruas-ruas, contohnya keluarga rumput-rumputan. Pemantidakboleh ruas terjadi alasannya yaitu proses pembelahan sel membentuk sel-sel sejajar dan sel-sel muda yang mengakibatkan ruas makin membentang dan bertambah panjang. 

3. Meristem Lateral
Meristem Lateral disebut juga meristem samping alasannya yaitu letak dan posisinya sejajar dengan permukaan organ, jadi meristem lateral adalah meristem yang menimbulkan pertumbuhan pada meristem sekunder. Yang termasuk meristem lateral yaitu kambium dan felogen atau kambium gabus. Kambium terdapat pada flora berbiji terbuka dan flora dikotil. Aktivitas kambium membentuk sel-sel gres menimbulkan pertumbuhan membesar pada serpihan batang.

Titik tumbuh pada tumbuhan ditentukan oleh jaenteng meristem Pengertian dan Macam-Macam Jaenteng Meristem

Titik tumbuh pada tumbuhan ditentukan oleh jaenteng meristem Pengertian dan Macam-Macam Jaenteng Meristem

Sekian artikel perihal Pengertian dan Macam-Macam Jaenteng Meristem, lihat juga artikel lainnya ibarat tips praktis mencegah munculnya jerawat di .com, dengan banyak sekali macam artikel-artikel bermanfaa. semoga pengertian dan macam-macam jaenteng meristem, bermanfaa. amin..