Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Norma Dan Fungsi Norma

Pengertian Norma dan Fungsi Norma|Pengertian norma ialah ukuran (benar salahnya, sempurna tidak tepatnya, pantas atau tidaknya ) sikap seseorang dalam masyarakat. Norma adalah serangkaian hukuman bagi para pelanggarnya dan larangan yang dilengkapi hukuman bagi para pelanggarnya kita sudah mengulas terkena nilai. Nilai umumnya dijabarkan lebih lanjut menjadi norma. melaluiataubersamaini demikian, nilai menjadi landasan pembentukan norma. Nilai menjadi dasar pembenar bagi norma. Dalam Norma terdapat fungsi norma atau tujuan norma dalam kehidupan bersama masyarakat masyarakat sehingga Norma sanggup berarti dengan melihat fungsi-fungsi norma dimana kita ketahui bahwa norma berguaka ragam atau macam-macam norma dan disetiap  macam norma tersebut mempunyai fungsi-fungsi tersendiri.  Untuk mengetahui lebih banyak pengertian Norma, lihat berbagai definisi yang dikemukakan para hebat terkena apa itu norma. Beberapa di antaranya ialah sebagai diberikut : 

A. Pengertia Norma Menurut Para Ahli 
1. Norma ialah aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat yang memandu sikap anggota-anggotanya (John J. Macionis, 1997). 
2. Norma ialah standar sikap yang mapan yang dipelihara oleh masyarakat ( Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm, 1998). 
3. Norma ialah hukum atau ajaran yang menyatakan tentang bagaimana seseorang seharusnya bertindak dalam situasi tertentu (Craig Calhoun, 1997). 
4. Norma ialah rancangan ideal sikap insan yang mempersembahkan batas-batas bagi anggota masyarakat dalam mencapai tujuan hidupnya (Broom & Selznic). 
5. Norma ialah prinsip atau hukum yang konkret, yang seharusnya diperhatikan oleh masyarakat masyarakat (Antony Giddens, 1994).

B. Fungsi Norma 
1. Mengatur tingkah laris masyarakat semoga sesuai dengan nila yang berlaku 
2. Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat. 
3. Memmenolong mencapai tujuan bersama masyarakat ; dan 
4. Menjadi dasar untuk mempersembahkan hukuman kepada masyarakat masyarakat yang melanggar norma 

 serangkaian hukuman bagi para pelanggarnya dan larangan yang dilengkapi hukuman bagi para p Pengertian Norma dan Fungsi Norma
Antony Giddens 
Sekian Pembahasan Tentang Pengertian Norma dan Fungsi Norma semoga bermanfaa