Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gangguan Dan Penyakit Pada Mata

Gangguan dan Penyakit pada Mata|Mata terdiri bagian-bagian mata dan fungsinya memiliki Kelainan yang menyebabkan gangguan atau penyakit pada mata, Jika sudah mata menyerupai ini tidak sanggup lagi memmenolong dalam proses penglihatan. Mata mempunyai gangguan atau penyakit yang sanggup membuat mata kita tidak berfungsi secara optimal dan bahkan tidak sanggup kita gunakan lagi sehingga perlunya kita mengetahui gangguan atau penyakit pada mata supaya sanggup mengatasi sebelum lebih parah atau bahkan menyembuhkan. Mata yang normal sanggup melihat benda jauh maupun bersahabat dengan jelas. Mata dengan penglihatan normal disebut emmetrop. Namun, beberapa gangguan sanggup terjadi pada mata sehingga mata tidak bisa melihat benda denganjelas. Beberapa macam gangguan mata antara lain miop, hipermetrop, presbiop, astigmatisme, rabun senja, buta wama, dan juling. Untuk mengetahui klarifikasi ihwal Gangguan dan penyakit pada mata seperti dibawah ini..


Gangguan dan Penyakit pada Mata

1) Miop
memiliki Kelainan yang menyebabkan gangguan atau penyakit pada mata Gangguan dan Penyakit pada Mata
(Beberapa Gangguan dan
penyakit Pada mata,
 yakni miop dan Hipermetrop)
Miop atau mata bersahabat disebut juga rabun jauh ialah kelainan pada mata yang tidak bisa melihat dengan terperinci benda-benda yang letak dan posisinya jauh dan spesialuntuk sanggup melihat benda-benda yang dekat. Hal itu disebabkan bola mata yang terlalu panjang/lonjong sehingga bayangan benda yang letak dan posisinya jauh jatuh di depan retina. 

Mata dengan tanda-tanda menyerupai ini sanggup ditolong dengan beling mata minus (berlensa cekung). Lensa cekung sanggup membuatkan sinar sehingga bayangan benda jatuh tepat pada bintik kuning. Mata miop biasanya terjadi pada anak-anak.

2) Hipermetrop
Hipermetrop atau matajauh disebutjuga rabun bersahabat ialah kelainan pada mata yang tidak sanggup melihat dengan terperinci benda-benda yang letak dan posisinya bersahabat dan spesialuntuk sanggup melihat benda-benda yang jauh. 

Hal itu disebabkan bola mata terlalu pendek sehingga bayangan benda jatuh di belakang retina. Cacat mata ini ditolong dengan memakai beling mata plus (berlensa ccmbung). Lensa itu diharapkan untuk lebih memusatkan sinar sehingga bayangan tepat jatuh di retina.

3) Presbiop
Presbiop ialah kelainan pada mata yang tidak sanggup melihat terperinci benda-benda dengan letak terlalujauh atau terlalu dekat. Hal itu disebabkan elastisitas lensa berkurang sehingga daya kemudahan juga berkurang. Cacat mata ini ditolong dengan memakai kacamata berlensa rangkap.

4) Astigmatisme
Astigmatisme ialah kelainan pada mata yang tidak sanggup membedakan garis-garis tegak lurus dan garis mendatar secara bersamaan. Hal ini disebabkan lantaran kelengkungan lensa tidak merata. Akibatnya, berkas-berkas sinar yang terkena mata tidak sanggup terpusat dengan sempurna. Cacat mata menyerupai ini ditolong dengan memakai kacamata berlensa silindris yang mempunyai beberapa serius.

5) Rabun Senja
Rabun senja ialah gangguan pada mata yang ditandai penglihatan menjadi kabur pada petang han. Penyebab rabun senja ialah belum sempurnanya vitamin A dalam waktu yang cukup lama. Jika penderita terus belum sempurnanya vitamin A secara benlarut-larut sanggup mengalami kebutaan lantaran kerusakan kornea. Kebutaan tersebut sanggup ditolong dengãn pencangkokan kornea.

6) ButaWama
Buta wama ialah suatu kelainan penglihatan yang bersifat menurun. Penderita buta wama tidak sanggup melihat atau membedakan wama-warna tertentu. Karena ialah penyakit keturunan, penyakit ini tidak sanggup disembuhkan.

7) Juling
Juling ialah kelainan pada mata yang disebabkan otot-otot pelopor bola mata tidak serasi. Kelainan ini sanggup disembuhkan melalui operasi.

Sekian Artikel Tentang Gangguan dan Penyakit pada Mata Semoga Bermanfaat