Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Pancasila Dan Pancasila Berdasarkan Para Andal

Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli|Pancasila niscaya sering kita dengar pada ketika kita sekolah upacara pada hari senin , tahukah kalian mengapa dikatakan pancasila dan tahukah kalian apakah itu pancasila, yang gotong royong sudah sering anda dengar tapi belum mengetahui pengertian pancasila. oleh karna itu mari kital lihat klarifikasi diawah ini terkena. Pengertian atau arti Pancasila dan Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli Sebagai diberikut......
A. Pengertian Pancasila Secara Umum
Ditinjau dan asal usulnya, kata “Pancasila” berasal dan bahasa Sanskerta yang mengandung dua suku kata, yaitu panca dan syila. Panca berarti lima dan syila dengan aksara yang dibaca pendek memiliki arti satu sendi, dasar, alat, atau asas. Sedangkan syila dengan pengucapan i panjang (syi:la) berarti peraturan tingkah laris yang baik, utama atau yang penting. melaluiataubersamaini demikian Pancasila sanggup diartikan berlaku sendi, lima. Atau lima tingkah laris utama, atau pelaksanaan lima kesusilaan (Panca syila krama).

B. Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli
Berikut ini pendapat para hebat ihwal pengertian Pancasila, yakni sebagai diberikut.
1. Notonegoro
Pancasila yakni dasar falsafah negara Indonesia, sehingga sanggup diartikan kesimpulan bahwa Pancasila ialah dasar fasafah dan ideologi negara yang dibutuhkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta bab pertahanan bangsa dan negara.
2. Muhammad Yamin
Pancasila berasal dan kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti sendi, asas, dasar, atau peratu ran tingkah laris yang penting dan baik. melaluiataubersamaini démikian, Pancasila ialah lima dasar yang meliputi ajaran atau hukum ihwal tingkah laris yang penting dan baik.
3. Ir. Soekarno
Pancasila yakni isi jiwa bangsa Indonesia secara bebuyutan yang sekian era Iamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. melaluiataubersamaini demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi Iebih tuas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.

Baca Juga:

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan
Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia 
Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia 
Sejarah Indonesia: Sejarah Perumusan Pancasila 
Pengertian Dasar Negara dan Fungsi Dasar Negara 
misal Sikap Positif Terhadap Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari
Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli
Demikianlah informasi terkena Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian pancasila, dan pengertian pancasila berdasarkan para ahli. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
(Sumber : PKn, Hal : 2, Penerbit : Citra Pustaka, Penulis : Fifi Purnama Dewi, S.Pd. Diponegoro No. 76A)