Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dampak Perdagangan Internasional



Dampak Perdagangan Internasional | Perdagangan internasional memiliki imbas pada negara-negara yang terlibat. Dampak tersebut ada yang positif dan ada yang negatif. Indonesia sebagai negara yang juga melaksanakan perdagangan internasional memperoleh dampak-dampak tersebut. 
  
 Dampak- Dampak Perdagangan Internasional
 Dampak- Dampak Perdagangan Internasional  Sebagai diberikut...

A. Dampak Positif Perdagangan Internasional
   Dampak Positif Perdagangan Internasional | Negara pengekspor maupun pengimpor mendapatkan laba dan adanya perdagangan internasional. Negara pengekspor memperoleh pasar dan negara pengimpor memperoleh kegampangan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Adanya perdagangan internasional juga membawa imbas yang cukup luas bagi perekonomian suatu negara. Dampak tersebut antara lain sebagai diberikut:

1) Mempererat perteman dekatan antarbangsa
Perdagangan antarnegara membuat tiap negara memiliki rasa saling membutuhkan dan rasa perlunya perteman dekatan. Oleh alasannya yaitu itu, perdagangan internasional sanggup mempererat perteman dekatan negara-negara yang bersangkutan.

2) Menambah kemakmuran negara
Perdagangan internasional sanggup menaikkan pendapatan negara masingm asing. ini terjadi alasannya yaitu negara yang kelebihan suatu barang sanggup menjualnya ke negara lain, dan negara yang belum sempurnanya barang sanggup membelinya dan negara yang kelebihan. melaluiataubersamaini meningkatnya pendapatan negara sanggup menambah kemakmuran negara.
3) Menambah peluang kerja
melaluiataubersamaini adanya perdagangan antarnegara, negara pengekspor sanggup menambah jumlah produksi untuk konsumsi luar negeri. Naiknya tingkat produksi ini akan memperluas kesempatän kerja. Negara pengimpor juga menerima manfaat, yaitu tidak perlu memproduksi barang yang diperlukan sehingga sumber daya yang dimiliki sanggup dipakai untuk hal-hal yang lebih menguntungkan.
4) Mendorong kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Perdagangan internasional mendorong para produsen untuk meningkatkan mutu hasil produksinya. Oleh alasannya yaitu itu, persaingan perdagangan internasional mendorong negara pengekspor untuk meningkatkan ilmu dan teknologinya semoga produknya memiliki keunggulan dalam bersaing.
5) Sumber pemasukan kas negara
Perdagangan internasional sanggup meningkatkan sumber devisa negara. Bahkan, banyak negara yang mengandalkan sumber pendapatan dan pajak impor dan ekspor.
6) Menciptakan efisiensi dan spesialisasi
Perdagangan internasional membuat spesialisasi produk. Negara-negara yang melaksanakan perdagangan internasional tidak perlu memproduksi tiruana barang yang dibutuhkan. Akan tetapi spesialuntuk memproduksi barang dan jasa yang diproduksi secara efisien dibandingkan dengan negara lain.
7) Memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara
melaluiataubersamaini perdagangan internasional, masyarakat negaranya sanggup menikmati barang-barang dengan kualitas tinggi yang tidak diproduksi di dalam negeri.


B. Dampak Negatif Perdagangan Internasional

Dampak Negatif Perdagangan Internasional | Adanya perdagangan internasional memiliki imbas negatif bagi negara yang melakukannya. Dampak negatifnya sebagai diberikut.
1) Adanya ketergantungan suatu negara terhadap negara lain.
2) Adanya persangan yang tidak sehat dalam perdagangan intemasional.
3) Banyak industri kecil yang kurang bisa bersaing menjadi gulung tikar.
4) Adanya referensi konsumsi masyarakat yang menggandakan konsumsi negara yang lebih maju.
5) Terjadinya belum sempurnanya tabungan masyarakat untuk investasi. ini terjadi alasannya yaitu masyarakat menjadi konsumtif.
6) Timbulnya penjajahan ekonomi oleh negara yang lebih maju.
7) Neraca Perdagangan dan Neraca Pembayaran.
Suatu negara harus mencatat nilai acara ekonominya yang dilakukan dengan negara lain. Catatan tersebut dinamakan neraca. Jika catatan tersebut spesialuntuk untuk bidang perdagangan, maka neracanya ialah neraca perdagangan. Akan tetapi, kalau neracanya meliputi beberapa aspek tiruana ajaran keuangan maka neracanya ialah neraca pembayaran.

a. Neraca Perdagangan
        Neraca perdagangan ialah catatan yang meliputi nilai barang-barang yang diekspor maupun diimpor oleh suatu negara. Kegiatan ekspor suatu negara menimbulkan hak yang berupa penerimaan pembayaran atau piutang, sedangkan impor barang dan luar negeri menimbulkan kewajiban membayar ke luar negeri atau utang negeri. Neraca perdagangan dibentuk semoga suatu negara sanggup mengetahui perkembangan perdagangan internasional yang dilakukan.
Keadaan neraca perdagangan suatu negara ada tiga kemungkinan yaitu surplus, defisit, atau seimbang. Neraca perdagangan disebut surplus jikalau nilai ekspor lebih besar daripada nilai impor. Sebaliknya, neraca perdagangan disebut defisit jikalau nilai ekspor lebih kecil daripada nilai impor. Neraca perdagangan disebut seimbang jikalau nilai ekspor yang sama dengan nilai impor.
b. Neraca Pembayaran
     Neraca pembayaran ialah catatan yang meliputi pembayaran dan penerimaan dan luar negeri. Neraca pembayaran tidak spesialuntuk mencatat hak dan kewajiban yang timbul alasannya yaitu adanya perdagangan, tetapi juga mencatat hak dan kewajiban keuangan dengan luar negeri yang tidak spesialuntuk kaena perdagangan.. Namun demikian, yang dicatat di dalam neraca pembayaran spesialuntuklah transaksi ekonomi. Transaksi yang menimbulkan hak untuk mendapatkan pembayaran dan penduduk negara lain disebut transaksi kredit, sedangkan transaksi yang menimbulkan kewajiban untuk membayar penduduk negara lain disebut transaksi debit.
        Untuk memilih apakah seseorang sebagai penduduk (orang dalam negeri) ataukah sebagai orang luar negeri, perlu diperhatikan kawasan tinggalnya. Seseorang dianggap penduduk suatu negara apabila bertempat tinggal di negara tersebut. Orang yang sudah menetap dalam enam bulan atau lebih baik masyarakat negara Indonesia atau masyarakat negara asing, dianggap sebagai penduduk Indonesia. Namun, para wisatawan gila dan para diplomat tidak sanggup dianggap sebagai penduduk Indonesia..
Alasannya adalah, mereka spesialuntuk bertempat tinggal sementara. Transaksi yang dicatat di dalam neraca pembayaran sanggup dibedakan menjadi transaksi sedang berjalan dan transaksi kapital. Yang dimaksud dengan transak sedang berjalan (current account) yaitu transaksi yang meliputi barang-barang dai jasa. Adapun yang dimaksud dengan transaksi kapital (capital account) yaitu transaksi yang menyangkut investasi modal dan emas. Transaksi satu arah (bukan transàksi timbal balik) antara lain pemdiberian hadiah (gift), menolongan (aid), dan pemdiberian yang lain sanggup digolongkan ke dalam transaksi sedang berjalan (transaks tersendiri).
Pos-pos yang tertuang di dalam neraca pembayaran antara lain transaksi:
1) Barang.
2) Jasa-jasa.
3) Bunga modal dan dividen.
4) Hadiah.
5) Investasi jangka panjang.
6) Investasi jangka pendek.
7) Perpindahan emas moneter.
Negara yang menyusun neraca pembayaran memperoleh manfaat aitu sanggup mengetahui
1) Keadaan keuangan yang terkait dengan pembayaran luar negeri dengan mencermati neraca pembayaran, kita sanggup mengetahuinya apakah sebaiknya suatu negara menambah impor atau sebaliknya Justru harus menambah ekspor.
2) Sumbangan dan transaksi ekonomi internasional terhadap penerimaan negara yang bersangkutan.
3) Hal-hal yang berafiliasi dengan perdagangan luar negeri.
4) Hubungan ekonomi suatu negara dengan negara-negara tertentu.
 Kesimpulan dari Dampak Perdagangan Internasional : Dampak Perdagangan Internasional ada 2 yaitu konkret dan negatif diberikut urainnya

A. Dampak Positif Perdagangan Internasional
1) Mempererat perteman dekatan antarbangsa
2) Menambah kemakmuran negara
3) Menambah peluang kerja
4) Mendorong kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
5) Sumber pemasukan kas negara
6) Menciptakan efisiensi dan spesialisasi
7) Memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara 
B.  Dampak Negatif Perdagangan Internasional
1) Adanya ketergantungan suatu negara terhadap negara lain.
2) Adanya persangan yang tidak sehat dalam perdagangan intemasional. 
3) Banyak industri kecil yang kurang bisa bersaing menjadi gulung tikar. 
4) Adanya referensi konsumsi masyarakat yang menggandakan konsumsi negara yang lebih maju. 
5) Terjadinya belum sempurnanya tabungan masyarakat untuk investasi. ini terjadi alasannya yaitu masyarakat menjadi konsumtif.
 6) Timbulnya penjajahan ekonomi oleh negara yang lebih maju.
7) Neraca Perdagangan dan Neraca Pembayaran.

Itulah Penjelasan Tentang Dampak-dampak Perdagangan Internasional | Dampak Positif Perdagangan Internasional|  Dampak Negati Perdagangan Internasional | , Pengertian Perdagangan Internasional mungkin itu yang anda cari yang sudah kami rangkum menjadi satu diatas. Lihat banyak sekali macam artikel Disini, Semoga Bermanfaaat
(Sumber : IPS, Hal : 169-173, Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional , Penulis : Sutarto.dkk, Percetakan : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri-Solo)