Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memakai Mikroskop Serta Bagian-Bagiannya

Teknik Menggunakan Mikroskop serta bagian-bagiannya | Bagian-Bagian Mikroskop ialah dasar dalam menggunakan mikroskop sehingga bagian-bagian mikroskop sangat berperan dengan cara penerapannya mikroskop sehingga disaat menggunakan mikroskop jauh lebih simpel dibandingkan dengan yang eksklusif ingin memakai mikroskop tampa mengetahui bagian-bagian dan fungsi-fungsi dari bagian-bagian mikroskop, bagian-bagian mikroskop mempunyai fungsi tersendiri dalam penggguaan mikroskop atau cara penerapan mikroskop dimana kalau kita sudah mengetahui bagian-bagian mikroskop dan lantas sudah mengetahui tiruana fungsi dari bagian-bagian mikroskop niscaya sangat lebih simpel mungkin saja spesialuntuk dengan satu jam atau mungkin kurang dari itu anda sanggup mengetahui cara memakai mikroskop, oleh karna itu kali ini akan dibahas wacana Teknik memakai mikroskop dan bagian-bagian mikroskop serta fungsi dari bagian-bagian mikroskop, pertama-pertama akan dibahas wacana bagian-bagian mikroskop dan fungsinya dan selanjutnya akan dibahas wacana cara memakai mikroskop menyerupai dibawah ini..

CARA MENGGUANAKAN MIKROSKOP SERTA BAGIAN-BAGIANNYA 

A. Bagian-Bagian Mikroskop dan Fungsinya 
        Pertama akan dibahas perihal bagian-bagian mikroskop.diberikut bagian-bagian mikroskop dan fungsi-fungsi dari bagian-bagian mikroskop sebagai diberikut... 
jauh lebih simpel dibandingkan dengan yang eksklusif ingin memakai mikroskop tampa menge Teknik Menggunakan Mikroskop serta Bagian-bagiannya1. Pemutar lensa
Pada lempeng pemutar ini terdapatlensa adil. Lempeng ini sanggup diputar supaya lensa adil berada pada kedudukan yang sesuai.
2. Lensa adil
Untuk memperbesar bayangan benda atau sediaan (preparat).
3. PenjepitUntuk menjepit beling benda atau Sediaan supaya tidak bergeser.
4. Kondensor
Untuk mengumpulkan cahaya dan cermin menuju ke sediaan.
5. Diafragma
Untuk mengatur banyaknya cahaya yang menuju ke kondensor.
6. Cermin
Untuk memantulkan cahaya dan sumber cahaya ke kondensor.
7. Lensa okuler
Untuk memperbesar bayangan dan lensa adil. Tempat mata melihat bayangan.
8. Badan mikroskop
Berupa tabung yang sanggup dinaikkan atau diturunkan.
9. Makrometer
Untuk menaikkan dan menurunkan tubuh mikroskop secara cepat.
10. Mikrometer
Untuk menaikkan dan menurunkan tubuh mikroskop secara lambat.
11. Lengan mikroskop
Tempat untuk memegang mikroskop
12. Meja benda
Untuk meletakkan sediaan. Bagian meja mikroskop berlubang untuk kawasan lewatnya cahaya dan kondensor.
13. Pemutar kondensor
Untuk menaikkan dan menurunkan kondensor supaya diperoleh cahaya yang optimum
14. Kaki mikroskop
Untuk menjaga keseimbangan mikroskop atau membuat mikroskop sanggup berdiri

B. Teknik Mengguanakan Benda dengan Mikroskop Cahaya
      melaluiataubersamaini selesainya dibahas bagian-bagian mikroskop dan fungsi, gres kita sanggup merujuk ke pada dasarnya yaitu Teknik memakai mikroskop. sebagai diberikut..

1. Letakkan mikroskop di atas meja pengamat. Pasang lensa okuler dengan perbemasukan lemah, contohnya perbemasukan 5 kali.
2. Putar makrometer ke arah belakang supaya tubuh mikroskop terangkat.
3. Geser pemutar lensa supaya lensa adil dengan perbemasukan lemah berada pada kedudukan segaris dengan arah hadirnya cahaya. Gunakan lensa adil dengan perbemasukan lemah, misal 10 kali. melaluiataubersamaini demikian diperoleh perbemasukan bayangan 10 x 5 = 50 kali.
4. Naikkan kondensor setinggi mungkin. Bukalah diafragma selebar mungkin supaya cahaya yang masuk ke kondensor cukup.
5. Putar cermin ke arah sumber cahaya. tidakboleh gunakan sumber cahaya matahari langsung. Lthat melalui lensa okuler dan putar-putar cermin sehingga diperoleh medan pandang yang terang.
6. Letakkan beling benda (sediaan) di atas lubang meja mikroskop sedemikian sehingga sediaan dilalui cahaya dan kondensor.
7. Putar makrometer ke arah depan sehingga lensa adil sempurna berada di atas sediaan.
8. Amati sediaan dengan mendekatkan salah satu mata melalui lubang lensa okuler. melaluiataubersamaini mata tetap pada posisi, putarlah makrometer hingga diperoleh bayangan yang jelas. Bayangan yang tampak yaitu bayangan benda dengan perbemasukan 50 kali. Untuk memperoleh perbemasukan kuat:
9. Amati dulu sediaan dengan perbemasukan 50 kali. Kemudian gerakkan sediaan sedemikian sehingga bab yang akan diamati berada di tengah-tengah medan pandang.
10. Gerakkan pemutar lensa sehingga lensa adil dengan perbemasukan 40 kali berada pada posisinya (sampai terdengar bunyi klik).
11. melaluiataubersamaini mata masih mengamafi sediaan, gerakkan mikrometer ke arah depan atau belakang sebingga diperoleh bayangan yang terang. Sekarang bayangan benda sediaan sanggup dilthat dengan perbemasukan 40 x 5 = 200 kali.

Untuk lebih simpel mengetahui cara memakai mikroskop lihat gambar dibawah ini..  

Teknik Menggunakan Mikroskop

jauh lebih simpel dibandingkan dengan yang eksklusif ingin memakai mikroskop tampa menge Teknik Menggunakan Mikroskop serta Bagian-bagiannya

 Sekian Artikel wacana Teknik memakai mikroskop serta bagian-bagiannya, Semoga bermanfaa
(Sumber : Sains Biologi, Hal : 6-7, Penerbit : Erlangga, Penulis Istamar Syamsuri.dkk, Jakarta. 2004)