Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sejarah : Lantaran Terjadinya Perang Dunia Ii

Sejarah : Sebab Terjadinya Perang Dunia II | Segala sesuatu yang timbul niscaya ada sebab, mengapa tiruana itu sanggup terjadi, ibarat halnya Perang. Perang yang sangat besar yakni perang dunia II, yang sudah menjadi sejarah dunia ihwal perang terbesar, perang tersebut niscaya mempunyai sebab-sebab lahirnya, meletusnya, atau terjadinya perang dunia II. Dari perang tersebut terdapat banyak sekali akibat-akibat yang menimbulkan dampak-dampak dalam peperangan tersebut. Sebab terjadinya perang dunia II ini terbagi 2 yakni alasannya yakni umum, dan alasannya yakni Khusus, ibarat apakah alasannya yakni umum itu??. ibarat apakah alasannya yakni khusus itu?.. untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya atau sebab-sebab munculnya perang dunia II sanggup dilihat ibarat dibawah ini.

1. Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II

a. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) . dalam membuat perdamaian dunia. LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi alat politik negara-negara besar untuk mencari keuntungan. LBB tidak sanggup berbuat apa-apa saat negara-negara besar berbuat semaunya, contohnya pada tahun 1935 Italia melaksanakan serangan terhadap Ethiopia.

b. Negara - negara maju saling berlomba memperkuat militer dan persenjataannya.  melaluiataubersamaini kegagalan LBB tersebut, dunia Barat terutama Jerman dan Italia mewaspadai komunisme Rusia, tetapi kemudian Rusia mewaspadai fasisme Italia dan nasional-sosialis Jerman. Oleh lantaran saling mewaspadai jadinya negara- negara tersebut memperkuat militer dan pesenjataannya. 

c. Adanya politik aliansi (mencari mitra persekutuan). Kekhawatiran akan adanya perang besar, maka negara-negara mencari mitra dan muncullah dua blok besar yakni:

1. Blok Fasis terdiri atas Jerman, Italia, dan Jepang
2. Blok Sekutu terdiri atas:
a) Blok demokrasi yaitu Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda
b) Blok komunis yaitu Rusia,Polandja, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslovalcia.

d. Adanya perperihalan-perperihalan akhir ekspansi. Jerman mengumumkan “Lebensraum “nya (Jerman Raya) yang mencakup Eropa Tengah dan Italia menginginkan Italia Irredenta (Italia Raya) yang mencakup seluruh maritim Tengah dan Abbesinea, serta Jepang mengumumkan Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya. ini berarti ialah tantangan terhadap imperialisme Jnggris, Perancis, dan Amerika Serikat.

e. Adanya perperihalan faham demokrasi, fasisme dan komunisme.

f. Adanya politik balas dendam (“Revanche Idea”) . Jerman terhadap Perancis, lantaran Jerman merasa dihina dengan Perjanjian Versailles.


2. Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II 
Di Eropa, Sebab khusus terjadi Perang dunia II yakni serbuan Jerman ke Kota Danzig, Polandia pada tanggal 1 September 1939. Polandia ialah negara di bawah pengawasan liga Bangsa-Bangsa. Hitler menuntut Danzig lantaran penduduknya yakni bahasa jerman, tetapi Polandia menolak tuntutan itu. Pada tanggal 3 September 1939 negara-negara pendukung LBB terutama Inggris dan Perancis mengumumkan perang kepada Jerman, kemudian diikuti sekutu-sekutunya. Perang Dunia di Pasifik disebabkan oleh serbuan jepang terhadap Pangkalan armada angkatan maritim Amerika di Pearl Harbour , Hawai (7 Desember 1941)

Segala sesuatu yang timbul niscaya ada alasannya yakni  Sejarah : Sebab Terjadinya Perang Dunia II
(Perang Dunia II) 
Sekian artikel perihal  Sebab Terjadinya Perang Dunia II agar bermanfaa